Monday, May 13, 2013

20 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Hindarkan Diri dari Penyakit Lho

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan kebiasaan sehat. Jika Anda ingin menikmati masa tua yang sehat dan terhindar dari penyakit, lakukan perubahan dalam gaya hidup sejak dini. Sebab sedikit perubahan bisa membawa pengaruh yang besar bagi kesehatan Anda.

Berikut 20 kebiasaan sehat yang bisa menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh

 1. Sering mencuci tangan
Tidak mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu cara tercepat yang membuat Anda jatuh sakit. Dalam kegiatan sehari-hari, tangan menyentuh berbagai macam benda, baik disadari atau tidak. Aktivitas ini membuat kuman dan bakteri dengan mudahnya dapat berpindah dari tangan ke mulut. Oleh karena itu, cucilah tangan sesering mungkin untuk mencegah kuman berpindah.

2. Hindari mengupil dengan tangan yang kotor
Mengupil merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat, apalagi jika sering dilakukan dengan tangan yang kotor. Setelah tangan menyentuh berbagai macam benda, kemudian masuk ke dalam lubang hidung, kuman bisa berpindah dan kemudian menularkan berbagai penyakit seperti pilek dan flu.

3. Lakukan peregangan di sela-sela aktivitas
Jadikan peregangan sebagai bagian dari aktivitas Anda sehari-hari. Setelah sebagian besar waktu digunakan untuk duduk di depan komputer, otot akan menjadi kaku dan berkembang menjadi nyeri. Untuk menghindarinya, lakukan peregangan di sela aktivitas Anda di kantor, misalnya dengan berjalan-jalan ke tempat teman.

4. Bernapas dengan benar
Direkomendasikan untuk bernapas dari diafragma, bukan dari dada. Perubahan pola pernapasan akan membantu memaksimalkan oksigen yang masuk dan juga akan memastikan kondisi Anda tenang. Bbiasakan menghirup perlahan dari hidung untuk memperbaiki aliran darah.

5. Sarapan sehat
Pastikan Anda menyempatkan diri untuk sarapan setiap pagi. Mengapa? Sarapan merupakan aktivitas penting untuk menjaga asupan nutrisi. Dengan sarapan maka keinginan untuk jajan akan hilang. Sehingga masalah pencernaan dan risiko peningkatan berat badan juga bisa dihindari.

6. Jangan malas mandi
Mandi teratur minimal 2 kali sehari dapat menjauhkan tubuh dari berbagai kuman dan bakteri yang didapat dari kegiatan sepanjang hari. Sediakan waktu untuk benar-benar membersihkan tubuh menggunakan sabun dan jangan terburu-buru.

7. Gunting kuku secara rutin
Kuku yang panjang tidak hanya menghambat aktivitas sehari-hari, tapi juga menjadi sarang kuman. Setelah tangan menyentuh benda, kuman akan berpindah dan jika kuku panjang maka kuman akan mengendap di kuku.

8. Hindari menggunakan benda pribadi secara bergantian
Menggunakan pisau cukur, sikat gigi, dan sisir secara bergantian dengan orang lain dapat memudahkan kuman berpindah. Jaga benda milik pribadi Anda, sebaiknya tidak digunakan bersama dengan orang lain, termasuk keluarga.

9. Selalu gunakan sunscreen
Khususnya bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan siang hari. Kebiasaan ini akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit seperti kanker kulit. Selain itu, kebiasaan ini juga akan memperbaiki struktur kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih halus.

10. Hindari konsumsi gula berlebihan
Makanan dan minuman dengan kandungan gula berlebihan sebab berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kelebihan gula dalam tubuh dapat memberi efek negatif pada penambahan berat badan dan kulit.

11. Berkeringat itu baik
Berolahraga secara teratur selama 30 menit per hari memiliki membantu menjaga berat badan sehat, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan energi. Mulailah berolahraga agar tetap sehat dan menghindari berbagai penyakit jantung.

12. Tidur cukup
Tidur malam selama 7-8 jam sangat penting untuk mencegah timbulnya gangguan tidur. Oleh karena itu, selalu jaga pola tidur Anda. Gunakan tempat tidur yang membuat Anda nyaman dan hindari konsumsi makanan berat larut malam.

13. Hindari stres berlebihan
Stres berlebihan merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan seperti depresi, insomnia, dan penyakit jantung. Setiap kali Anda merasa stres, lakukan latihan pernapasan dan bersantai sejenak dari aktivitas sehari-hari agar tubuh kembali rileks.

14. Jangan bawa urusan pekerjaan ke rumah
Setelah seharian bekerja dan memandang layar komputer, ada baiknya setelah di rumah segera gunakan waktu yang ada untuk istirahat. Memikirkan pekerjaan, apalagi saat sudah di rumah, bisa memicu timbulnya stres.

15. Minum cukup air putih
Asupan air yang cukup sangat penting untuk membuang racun dari tubuh dan untuk menjaga kesehatan sel tubuh. Jika Anda tidak minum cukup air, risiko dehidrasi dan kelelahan tidak akan bisa dihindari. Minumlah minimal 8-10 gelas air putih setiap hari, apalagi jika aktivitas Anad cukup banyak.

16. Katakan 'tidak' pada makanan cepat saji
Makanan cepat saji banyak mengandung lemak trans, gula, dan pengawet buatan. Terus-menerus mengkonsumsi makanan ini akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan gangguan jantung. Oleh karena itu, kontrol asupan sehat dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran.

17. Berhenti merokok
Merokok 1 batang rokok sehari sudah menyebabkan pembekuan darah. Hal ini berdampak pada gangguan aliran darah dan menimbulkan gangguan di pembuluh darah. Selain itu, merokok juga membuat orang di sekitar Anda berisiko mengalami gangguan kesehatan yang sama karena menghirup asapnya.

18. Jaga kehidupan seksual tetap sehat
Hindari melakukan seks bebas untuk mencegah timbulnya penyakit seks menular. Bagi Anda yang sudah menikah, penting untuk tetap setia dan tidak berganti-ganti pasangan untuk mencegah terjangkit penyakit tersebut.

19. Hargai diri sendiri
Menerima setiap kelemahan dan belajar untuk tetap hidup dengan kelemahan tersebut. Jika Anda ingin tetap bahagia, maka hargai kesehatan tubuh Anda. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan melakukan apa saja agar kesehatan tetap terjaga.

20. Perbanyak konsumsi sayuran
Kebiasaan penting untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah memasukkan semua jenis sayuran dalam menu Anda. Sayuran mengandung serat, vitamin, dan berbagai nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Sumber: DetikHealth

No comments:

Post a Comment

Anda punya pendapat, silahkan berkomentar