Sunday, April 5, 2015

Murid Sekolah Dasar paling tua di dunia, 93 tahun




Kenya, Duduk di barisan paling depan di sekolah dasar Leaders Vision Preparatory School, Priscilla Sitienei (93) dengan tenang dan fokus menulis nama-nama binatang menggunakan bahasa inggris di bukunya. Umur yang senja menjadikan Sitienei murid paling tua di SD tersebut.

Sitinei sehari-harinya berprofesi sebagai seorang bidan di desa Ndalat, Kenya. Ia sudah menjalani perannya itu selama 65 tahun dan bahkan beberapa teman di kelasnya yang rata-rata berusia 10 sampai 14 tahun pernah secara langsung Sitinei bantu saat lahir.



"Saya ingin bisa membaca Bibel dan juga menginspirasi anak-anak agar mencari edukasi," kata Sitienei yang mengaku kesulitan berbicara bahasa Inggris seperti dikutip dari BBC pada Senin (26/1/2015).

Banyak anak-anak daerahnya dikatakan oleh Sitinei tidak bersekolah. Di antara anak-anak tersebut bahkan ada yang sudah memiliki anaknya sendiri.

Akrab disapa "Gogo" yang berarti nenek, Sitinei mengatakan ia suka menanyakan apa alasan mereka tidak mengikuti sekolah.

"Mereka bilang kalau diri mereka sudah terlalu tua. Saya beritahu mereka, 'Ini saya sendiri sekolah dan harusnya kamu juga.' Banyak anak saya lihat tak punya arah, tanpa ayah, dan tak ada harapan. Saya ingin menginspirasi mereka agar mau bersekolah," ungkap Sitinei.

Saat pertama kali berusaha mendaftar menjadi murid lima tahun yang lalu Sitinei ditolak oleh sekolah. Namun, perlahan sekolah menyadari niatnya yang serius untuk belajar dan menerima Sitinei sebagai murid.

 "Saya sangat bangga kepadanya. Gogo telah sangat membantu sekolah, ia menjadi motivator kepada semua murid," kata Kepala Sekolah David Kinyanjui.

Saat ini pemegang murid SD tertua di dunia menurut Guinness Book of Records dipegang oleh ****ni Maruge yang juga dari Kenya. Pada tahun 2004 Maruge menjadi murid SD di usia 84 tahun namun meninggal lima tahun kemudian.

Sumber : Viva forum

No comments:

Post a Comment

Anda punya pendapat, silahkan berkomentar